PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERNUANSA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Pranata, Debi (2018) PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERNUANSA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DEBI PRANATA.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Perkembangan TIK yang semakin pesat harus diimbangi dengan inovasi dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis android dengan pendekatan yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mobile apps berbasis android dengan pendekatan scientific bernuansa Islam untuk memfasilitasi pemahaman konsep matematis yang layak, menarik, dan efektif. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan metode pengembangan SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall yang meliputi empat tahapan yakni analisys (analisis), design (desain), coding (pengkodean), dan testing (pengujian). Media yang dikembangkan telah dilakukan pengujian alpha (ahli) dan beta (siswa). Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 91,67% (sangat layak) dengan rincian penilaian pada kategori ke scientifican rata-rata sebesar 83,3% (sangat layak) dan penilaian pada kategori pemahaman konsep rata-rata sebesar 92,9% (sangat layak). Hasil penilaian ahli media menyatakan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dengan persentase sebesar 83%. Dan hasil penilaian media oleh ahli agama menyatakan layak dengan persentase sebesar 77%. Hasil uji coba beta pertama oleh 6 orang siswa tentang kemenarikan media memperoleh persentase sebesar 75% yang berarti menarik. Pengujian beta kedua dilakukan oleh 30 siswa dengan hasil persentase sebesar 76% yang berarti menarik. Rata-rata skor pre test dan post test berturut-turut sebesar 51,89 dan 80,67. Tingkat efektivitas dengan perhitungan menggunakan rumus n-gain sebesar 0,55 termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Dec 2018 03:04
Last Modified: 05 Dec 2018 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5174

Actions (login required)

View Item View Item