PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBANTUAN LKPD YANG TERINTEGRASI PADA NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

YANA, NOVI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBANTUAN LKPD YANG TERINTEGRASI PADA NILAI-NILAI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan penyampaian ide atau gagasan baik secara lisan, visual maupun dalam bentuk tertulis dengan menggunakan istilah matematika dan berbagai representasi yang sesuai serta memperhatikan kaidah-kaidah matematika. Akan tetapi kemampuan komunikasi matematis di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung masih tergolong rendah, hal tersebut berdasarkan hasil pra penelitian dengan menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara langsung oleh pendidik mata pelajaran matematika di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik matematika kelas VII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung masih bersifat satu arah serta kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk berkomunikasi matematis, sehingga kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki peserta didik masih rendah. Peserta didik juga kurang berminat dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang mengakibatkan minat belajar peserta didiknya pun rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran Process oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan LKPD yang terintegrasi nilai-nilai KeIslaman dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan quasy experimental design dengan rancangan posttest only. Keseluruhan sampel pada penelitian ini adalah 116 peserta didik berasal dari 4 kelas yang masing-masing berjumlah 29 peserta didik dan dipilih teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA satu jalan dengan sel yang sama. Berdasarkan kajian teori dan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Process oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan LKPD yang terintegrasi nilai-nilai KeIslaman dengan peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 05 Dec 2018 02:49
Last Modified: 05 Dec 2018 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5170

Actions (login required)

View Item View Item