EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE TIPE TIMES GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN LKPD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Gustari, Riska (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANCOOPERATIVE TIPE TIMES GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN LKPD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RISKA GUSTARI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V MI Darul Huda Bandar Lampng, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Pendidik tidak menggunakan metode pembelajaran yang mengakibatkan menurunnya minat peserta didik terhadap pembelajaran matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit. Peserta didik sulit menyelesaikan soal-soal dan kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, kurangnya keinginan peserta didik untuk menggali ilmu pengetahuan tentang materi yang sedang dipelajari. Berdasarkan hal diatas, peneliti mengambil judul “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Berbantuan Lkpd Pada Pembelajaran Matematika”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya keefektivan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT berbantuan LKPD di kelas V MI Darul Huda Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V MI Darul Huda. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Times Games Tournament, kelas VB sebagai kelas kontrol dengan menggunakan Model Numbered Heads Together. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan uji Lilifors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu menggunakan uji–tindependent. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis secara manual dengan thitung = 5,045 dan t(0,025;34) = 1,960, sehingga thitung > t(0,025;50) maka HO ditolak. Berdasarkan hasil tersebut bahwa terdapat keefektivan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan Model Times Games Tournament dibanding dengan model Numbered Heads Together di kelas V MI Darul Huda, peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan Model Times Games Tournament, memiliki hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan perlakuan pembelajaran menggunakan model Numbered Heads together. Dengan menggunakan uji N-Gain didapat nilai rata-rata sebesar 0,722 sehingga tingkat keberhasilan peserta didik setelah belajar mengajar dikategorikan pada tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Dec 2018 06:34
Last Modified: 04 Dec 2018 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5154

Actions (login required)

View Item View Item