PENGGUNAAN ASESMEN FORMATIF PADA MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL

Romantika, Laila (2018) PENGGUNAAN ASESMEN FORMATIF PADA MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPIRITUAL. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LAILA ROMANTIKA.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen. Dimana penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik karena proses penilaian dalam pembelajaran yang belum dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Rumusan masalah penelitian ini adalah : (1) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam penggunaan asesmen formatif pada Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching tanpa asesmen formatif. (2) Apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan asesmen formatif pada Model Pembelajaran Quantum Teaching pada peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, sedang dan rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara penggunaan asesmen formatif pada Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan kecerdasan spiritual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Bandar lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket,catatan lapangan dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa = 53,316 > Ftabel = 3,986 sehingga H0A ditolak, Fb = 93,435 > Ftabel = 3,136 sehingga H0B ditolak, Fab = 5,469 > Ftabel = 3,136 sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam penggunaan asesmen formatif pada Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching tanpa asesmen formatif. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan asesmen formatif pada Model Pembelajaran Quantum Teaching pada peserta didik yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi, sedang dan rendah. (3) Terdapat interaksi antara penggunaan asesmen formatif pada Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan kecerdasan spiritual terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Dec 2018 02:25
Last Modified: 03 Dec 2018 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5097

Actions (login required)

View Item View Item