PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP

Muthia, Novicha (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar yang baik mampu menunjang pembelajaran hingga efisien. Salah satu bahan ajar yang digunakan adalah modul. Pembelajaran dengan menggunakan modul menuntut peserta didik untuk belajar secara mandiri. Pendidik harus terampil, aktif dan kreatif dalam mengembangkan bahan ajar yang akan digunakan dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakter peserta didik, sehingga pendidik berharap modul yang dibagikan mampu membuat peserta didik berpikir secara kreatif matematis dalam memecahkan masalah pada soal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa Modul Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) pada materi himpunan kelas VII SMP. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model ADDIE. Fungsi dari model ADDIE adalah menjadi pedoman dalam membangun perangkat dan infrastruktur program pembelajaran yang efisien, dinamis dan mendukung kinerja pembelajaran itu sendiri. Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Analisis data yang dilakukan antara lain menganalasis kebutuhan bahan ajar, perancangan modul, pembuatan modul divalidasi oleh ahli, dan uji coba kemenarikan dan efektifitas. Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli materi terhadap modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,92 dari rata-rata skor tertinggi 4.00. Penilaian ahli media terhadap modul ini termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata sebesar 3,5. Pada uji coba skala kecil yang diikuti oleh 9 peserta didik kelas VII memperoleh skor rata-rata yaitu 3,39 dari skor tertinggi dengan rata-rata 4.00 berdasarkan hasil dari angket respon yang telah diisi oleh peserta didik, hasil ini menempatkan modul pada kriteria sangat menarik. Pada uji coba lapangan skala besar yang diikuti oleh 29 peserta didik skor rata-rata kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,71 pada kriteria sangat menarik. Kualitas keefektifan produk dilihat dari tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengolahan data menggunakan uji-t diperoleh H1 diterima dengan thitung sebesar 2.224 dan ttabel sebesar 2.051 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis PQ4R layak dan efektif untuk dijadikan alat bantu pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Dec 2018 01:58
Last Modified: 03 Dec 2018 01:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5089

Actions (login required)

View Item View Item