ANALISIS PERSAINGAN USAHA DI PASAR KENALI KECAMATAN BELALAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Marista, Dina (2018) ANALISIS PERSAINGAN USAHA DI PASAR KENALI KECAMATAN BELALAU KABUPATEN LAMPUNG BARAT DITINJAU DARI PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Bisnis merupakan bagian dari kegiatan ekonomi dan mempunyai peranan sangat vital dalam memenuhi kebutuhan manusia. Bisnis adalah kegiatan ekonomi dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Salah satu tempat berlangsungnya kegiatan bisnis adalah pasar. Pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Salah satunya adalah pasar Kenali yang terletak di Kecamatan Belalau dengan pedagang yang mayoritas beragama Islam. Meskipun demikian, adanya persaingan yang begitu tinggi para pelaku bisnis menggunakan segala cara untuk mendapatkan keuntungan, bahkan para pelaku bisnis sering mengabaikan etika bisnis Islam dalam menjalankan bisnisnya. Rumusan masalah Bagaimana persaingan usaha di pasar Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat dan bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku para pedagang di Pasar Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Tujuan untuk mengetahui persaingan usaha di pasar Kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku para pedagang di pasar kenali Kecamatan Belalau Kabupaten Lampung Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan melakukan studi langsung ke lapangan (field research). Objek penelitian ini adalah para pedagang yang terdapat di pasar Kenali, Kecamatan Belalau. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yang cenderung bersifat deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan usaha di pasar Kenali meliputi lima aspek yaitu produk, harga, tempat, pelayanan dan purna jual. Dari dua puluh responden, delapan belas diantaranya telah menjalankan etika bisnis Islam dalam kegiatan usahanya dengan menerapkan lima prinsip etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kejujuran, kehendak bebas, dan tanggung jawab sosial. Dua diantara dua puluh responden tersebut tidak menjalankan prinsip kejujuran yang dapat merugikan pembeli dengan menyembunyikan cacat barang sehingga pembeli tidak memperoleh kualitas barang yang baik. Namun demikian, sebagian besar pedagang di pasar Kenali memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Nov 2018 07:41
Last Modified: 30 Nov 2018 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5080

Actions (login required)

View Item View Item