ANALISIS PRODUK SIMPANAN CERIA PINTAR (SIMPANAN PENDIDIKAN) DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG PADA ANGGOTA BMT ASSYAFI’IYAH SUKOHARJO PRINGSEWU

SAPUTRI, HERMAS EKA (2018) ANALISIS PRODUK SIMPANAN CERIA PINTAR (SIMPANAN PENDIDIKAN) DALAM MENINGKATKAN MINAT MENABUNG PADA ANGGOTA BMT ASSYAFI’IYAH SUKOHARJO PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat perlu adanya penyusunan program prioritas kebutuhan diantarnya masalah pendidikan melalui kegiatan menabung. Baitul Mal wa Tamwil (BMT) atau Balai Usaha Mandiri Terpadu menumbuhkambangkan bisnis usaha mikro dalam rangka mengangkat derajat dan modal awal dari tokoh masyarakat setempat dengan berlandaskan pada system ekonomi, kedamaian, dan kesejahteraan. Oleh karena itu BMT Assyafi’iyah mengeluarkan produk simpanan ceria pintar untuk suatu rencana keuangan dari pihak orang tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan anak mereka yang bersifat tak terduga. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimnana perkembangan produk simpanan ceria pintar pada BMT Assyafi’iyah dan bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan minat anggota pada produk simpanan ceria pintar di BMT Assyafi’iyah. Tujuan peneliatan ini yaitu ingin menganalisis perkembangan produk simpanan ceria pintar pada BMT Assyafi’iyah dan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan minat anggota pada produk simpanan ceria pintar di BMT Assyafi’iyah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, selain itu, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket/kuesioner, serta dokumentasi. Dan metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Dalam melihat perkembangannya produk simpanan ceria pintar khususnya pada periode 2015-2018 terus mengalami peningkatan jumlah anggota. Tetapi pada tahun 2018 mengalami penuruan pada jumlah anggota. Tidak meningkatnya jumlah anggota disebabkan karena akad yang digunakan yaitu akad wadiah yad dhamanah, akad tersebut kurang diminati oleh anggota, karena dalam akad tersebut tidak terdapat bagi hasil, hanya berupa titipan. Strategi dan minat yang diterapkan BMT Assyafi’iyah masuk kedalam kategori sedang, maksudnya dalam strategi promosi BMT Assyafi’iyah masih kurang dalam memberikan promosi pada produk simpanan ceria pintar kepada anggota, itu sebabnya anggota kurang memahami produk simpanan ceria pintar yang ditawarkan pada BMT Assyafi’iyah, dan menyebabkan kurangnya minat anggota pada produk simpanan tersebut. Hal ini dapat dilihat melalui garis kontinum, skor yang didapat untuk strategi pemasaran pada BMT Assyafi’iyah adalah 981 dengan persentase 71,86%dari skor ideal yang diharapakan adalah 1.147.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 Nov 2018 02:36
Last Modified: 30 Nov 2018 02:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5070

Actions (login required)

View Item View Item