PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Mustikawati, Eni (2018) PENGARUH METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES DISERTAI MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM GERAK KELAS XI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaranyang masih cenderung teacher centered. Proses pembelajaran tersebut lebih banyak menuntut keaktifan guru dari pada peserta didik sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan kurang aktif dan peserta didik kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Design. penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MAN 2 Bandar Lampung dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random sampling. Sampel ini terdiri 2 kelas yaitu kelas eksperimen ( XI IPA 3) dan kelas kontrol ( XI IPA 2). Metode SCCS dilaksanakan pada kelas eksperimen ( XI IPA 3) dan pada kelas kontrol menggunakan metode resitasi ( XI IPA 2). Teknik pengambilan data berupa tes dan non tes. Setelah data tes objektif dikumpulkan pengolahannya dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung < ttabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh kemampuan berpikir kritis 0,00 < 0,05 dan Sikap ilmiah 0,00 < 0,05. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh metode SCCS disertai media gambar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MAN 2 Bandar Lampung, dan (2) Terdapat pengaruh metode SCCS disertai media gambar terhadap sikap ilmiah peserta didik kelas XI MAN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Metode Student Created Case Studies Disertai Media Gambar, Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Nov 2018 02:27
Last Modified: 26 Nov 2018 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item