PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SMA KELAS XI

Larasati, Thalitha Suci (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PICTORIAL RIDDLE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of THALITA SUCI LARASATI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kritis peserta didik masih tergolong kurang dan sikap ilmiah peserta didik tergolong cukup namun perlu dikembangkan di SMA N.13 Bandar Lampung. Pembelajaran masih terpusat pada guru dengan didominasi metode ceramah. Proses pembelajaran dengan memfokuskan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah masih belum dilakukan dengan baik. Seharusnya tidak demikian, seharusnya pembelajaran terpusat pada peserta didik dan peserta didik mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pictorial riddle terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posttest– only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA N. 13 Bandar Lampung. Penelitian ini melibatkan kelas XI MIPA 2 berperan sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 berperan sebagai kelas kontrol. Teknik sampling pada penelitian ini teknik acak kelas. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan nontes, setelah data tes dan nontes diperoleh kemudian dilakukan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t independent menunjukkan bahwa diperoleh Thitung = 4,818 dan Ttabel = 2,000 untuk keterampilan berpikir kritis dan Thitung = 2,135 dan Ttabel = 2,000 untuk sikap ilmiah sehingga Thitung > Ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis pictorial riddle terhadap keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Pictorial Riddle, Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 26 Nov 2018 02:24
Last Modified: 26 Nov 2018 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5020

Actions (login required)

View Item View Item