EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HANDAYANI, SRI (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SRI HANDAYANI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Percaya diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan. Rendahnya rasa percaya diri dapat menghambat pengembangan potensi diri. Peserta didik memiliki rasa percaya diri rendah akan bersikap menyimpan rasa takut atau kekhawatiran terhadap penolakan, sulit menerima realita diri, kurang berani tampil atau takut gagal, dan selalu menempatkan atau memposisikan diri sebagai yang terakhir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest. Dalam penelitian ini berfokus pada keefektivan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai z hitung eksperimen > z kontrol (2,807 > 2,805), hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu didapat nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (97,50 > 84,20). Jika dilihat dari hasil yang telah didapat maka peningkatan pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Dengan demikian dinyatakan bahwa pendekatan rational emotive behaviour therapy efektif meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Nov 2018 04:07
Last Modified: 21 Nov 2018 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item View Item