ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MINAT CALON NASABAH (Studi pada BRI Syariah Kantor Cabang Kedaton Bandar Lampung)

Yani, Putri Andri (2018) ANALISIS PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MINAT CALON NASABAH (Studi pada BRI Syariah Kantor Cabang Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUTRI ANDRIYANI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Persaingan antara lembaga keuangan syariah maupun konvensional baik produk sejenis ataupun tidak sejenis menjadikan pentingnya dalam BRI Syariah melaksanakan promosi dan pelayanan agar dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah dan menarik masyarakat menggunakan produk Tabungan Impian iB pada BRI Syariah. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah untuk menabung di BRI Syariah. 2. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah untuk menabung di BRI Syariah. 3. Untuk mengetahui promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah untuk menabung di BRI Syariah. Penelitian ini menggunakan dua variabel independen yaitu promosi dan kualitas pelayanan dengan satu variabel dependenya yaitu keputusan pembelian. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan sampel 78 orang nasabah dan analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program aplikasi IBM SPSS statistics 21. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel promosi berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai thitung (11,837)> ttabel (1,992). Sehingga hipotesis penelitian H0 ditolak dan H1 diterima yaitu ada pengaruh promosi terhadap minat calon nasabah BRI Syariah, variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai thitung (4,225)> ttabel (1,992). Sehingga hipotesis penelitian H0 ditolak dan H1 diterima yaitu ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat calon nasabah BRI Syariah . Secara simultan dan signifikan variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai fhitung (117,494) >ftabel (3,12). Sehingga hipotesis penelitian H0 ditolak dan H1 diterima yaitu ada pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat calon nasabah BRI Syariah. Nilai Adjusted R Square diperoleh 0,752 atau 75,2% artinya variabel promosi dan kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap minat calon nasabah tabungan Impian iB sebesar 75,2%, sedangkan sisanya 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam variabel penelitian. Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2018 02:25
Last Modified: 19 Nov 2018 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item