HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG

EVITASARI, AURINA (2018) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN KREATIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pilar yang mempunyai peranan penting dalam menciptakan manusia yang berkualitas. Berkualitas yang dimaksudkan antara lain adalah yang memiliki kecerdasan yang tinggi, keterampilan yang diperlukan oleh dirinya serta kreativitas yang seimbang dengan kecerdasan yang dimiliki. ranah kognitif memiliki enam jenjang menurut taksonomi bloom yang diurutkan secara hirarki yaitu: pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (syntesis), penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation). Tanpa ranah kognitif, sulit dibayangkan seorang peserta didik dapat berfikir. Selanjutnya, tanpa kemampuan kognitif mustahil peserta didik tersebut dapat memahami dan meyakini faedah materi pelajaran yang disajikan kepadanya, termasuk materi pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif antara kemampuan koqnitif dengan kreativitas belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 10 Bandar Lampung, dan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan kognitif dengan kreativitas belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 10 Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V MIN Bandar Lampung. Sampel yang digunakan dipilih secara acak yaitu sebanyak 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Angket untuk mengukur kreativitas belajar peserta didik, tes untuk mengetahui data kemampuan kognitif, dan dokumentasi untuk mengetahui data peserta didik. Berdasarkan kajian teori dan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa: Terdapat korelasi positif yang signifikan antara kemampuan kogniitif dengan kreativitas belajar, indeks korelasi sebesar 0.787. Hasil tersebut lebih besar dari rtabel sebesar 0.4869 (taraf signifikan 0.01) dan 0.000 (taraf signifikan 0.05) karena ditolak. 2. nilai r dalam tabel product moment antara 0.75 – 0.99 yaitu koefisien korelasi sangat kuat, bahwa nilai tersebut menunjukkan adanya korelasi yang sangat kuat antara variabel X (kemampuan kognitif) dengan variabel Y (kreativitas belajar).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Nov 2018 01:53
Last Modified: 19 Nov 2018 01:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4962

Actions (login required)

View Item View Item