EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI MA MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

DEVI, DELLA KUSPITA (2018) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI MA MASYARIQUL ANWAR BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DELLA KUSPITA DEVI.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Bimbingan kelompok adalah suatu proses treatment antara anggota dan konselor untuk memanfaatkan dinamika untuk mencapai tujuan bimbingan dan konseling dan bimbingan kelompok lebih menekankan suatu upaya bimbingan kepada individu melalui kelompok. Pendekatan rational emotive behaviour therapy merupakan konseling yang menekankan kebersamaan dan interaksi antara berfikir dengan akal sehat, berperasaan dan berprilaku, sekaligus menekankan bahwa suatu perubahan yang mendalam, dalam cara berfikir dan berperasaan dapat mengakibatkan perubahan yang berarti dalam cara berperasaan dan berprilaku. Kepercayaan diri merupakan hal yang paling penting untuk peserta didik karena, dengan memiliki rasa kepercayaan diri yang ditumbuhkan dalam diri bisa dijadikan modal dalam perkembangan tahap belajar peserta didik disekolah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunaan yaitu non-equivalent control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakuan pretest dan posttest. Dalam penelitan ini berfokus pada keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy (REBT) untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu angket . Hal ini terbukti dapat diketahui bahwa nilai z hitung eksperimen > z kontrol (- 2,805 > -2,366) hal ini menunjukan bahwa HO ditolak dan Ha diterima. Selain itu didapat nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, dilihat dari hasil yang telah didapat maka peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa bimbingan kelompok dengan pendekatan rattional emotive behaviour therapy (REBT) dapat meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas XI MA Masyariqul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 mengalami perubahan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan rational emotive behaviour therapy (REBT).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 Nov 2018 02:57
Last Modified: 16 Nov 2018 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4952

Actions (login required)

View Item View Item