EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Anaresti, Dwi (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DI KELAS VII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DWI ANARESTI.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Keberanian mengemukakan pendapat yaitu suatu sikap untuk mengutarakan atau mengekspresikan ide dengan tidak merisaukan kemungkinan-kemungkinan buruk. Konseling kelompok adalah layanan konseling yang dilakukakan secara kelompok untuk memungkinkan peserta didik memperoleh kesempatan kesempatan untuk pembahasan dan pengentasan permasalahan yang dialaminya. Sosiodrama adalah teknik yang melibatkan interaksi antara dua siswa atau lebih tentang suatu topik situasi. Siswa melakukakan peran masing-masing sesuai dengan tokoh yang diperankan. Mereka berinteraksi sesama mereka melakukan peran terbuka. Jenis desain dalam penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan Quasi eksperimental design menggunakan desain non-equivalent kontrol group design dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian design 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada kedua kelompok tersebut sama-sama dilakukan prestest dan posttest, dalam penelitian ini berfokus pada keefektifan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat dikelas, dengan teknik pengumpulan data yaitu angket. Adapun dapat diketahui bahwa nilai z hitung eksprimen > z kontrol (-2.530 > -2.527), hal ini menunjukkan bahwa ho ditolak dan ha diterima. Selain itu nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol 963 575 atau nilai rata-rata/mean 120,37 66,62 sehingga dapat dinyatakan ada perbedaan secara signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa teknik role playing efektif meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat dikelas VII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Sosiodrama, Keberanian Mengemukakan Pendapat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2018 03:20
Last Modified: 15 Nov 2018 03:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4941

Actions (login required)

View Item View Item