PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Study Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung)

Arisa, Nuri (2017) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM (Study Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_Nuri_.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis busana batik yang terus menerus meningkat karena laju pertumbuhan perekonomian dan perkembangan teknologi yang semakin cepat, mengharuskan para pelaku bisnis untuk terus menerus berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya yaitu untuk mempertahankan posisi persaingan yang lebih unggul dari perusahaan pesaingnya. Dalam meningkatkan daya saing, setiap perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi pasar. Pengetahuan tentang bauran pemasaran yang baik dalam upaya pelaksanaan kegiatan pemasaran secara intensif menjadi faktor penting yang harus diketahui perusahaan dalam usaha meningkatkan volume penjualannya. Permasalahan dalam penelitian ini dapat dilihat dari penerapan bauran pemasaran yang sudah baik, tidak sesuai dengan kondisi volume penjualan yang cenderung menurun dan fluktuatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat penjualan serta apakah penerapan bauran pemasaran tersebut telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Objek dalam penelitian ini adalah Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian ini ingin mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran yang diterapkan Rahmat Batik Lampung terhadap tingkat penjualan dan untuk mengetahui apakah penerapan bauran pemasaran tersebut telah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data salah satunya kuesioner yang diberikan kepada konsumen Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung sebagai sampel penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 60 orang konsumen yang diambil dari rata-rata konsumen yang datang perbulannya. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder serta data diolah menggunakan software SPSS 20. Metode analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji t (parsial), uji f (simultan) dan determinasi (R2). Penelitian ini menggunakan indikator bauran pemasaran sebagai variabel independen atau variabel bebas yaitu produk (X1), harga (X2), tempat / Saluran Distribusi (X3), dan promosi (X4), serta variabel dependen atau variabel terikat dalam penelitian ini adalah tingkat penjualan (Y). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, secara simultan menunjukkan bahwa variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan perhitungan nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 28,530 > 2,54. Berdasarkan perhitungan secara parsial diketahui bahwa produk, harga, dan tempat / saluran distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan, sedangakan untuk variabel promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan nilai thitung > t tabel. Selanjutnya variabel produk, harga, tempat/saluran distribusi dan promosi dikatakan mampu menjelaskan pengaruhnya terhadap tingkat penjualan yaitu sebesar 67,5% serta sisanya 32,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung telah menerapkan bauran pemasaran sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu dengan menerapkan prinsip ketauhidan, kebenaran / kejujuran, amanah dan keadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 Mar 2017 02:26
Last Modified: 31 Mar 2017 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item