PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII D PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 WAY KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016

SAPUTRA, AMI (2018) PENGGUNAAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII D PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 1 WAY KRUI KABUPATEN PESISIR BARAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, rangsangan kegiatan belajar dan hasil belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyamapaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat peserta didik, media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi.Terlebih lagi penggunaan multimedia merupakan media yang menggabungkan audio, visual, gerak, animasi, warna secara bersamaan sehingga mampu menarik perhatian peserta didik. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan multimedia. Penelitian dilaksanakan di kelasVII DSMPNegeri 1 Way Krui Pesisir Barat. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelasVII D SMP Negeri 1 Way Krui Pesisir Barat yang berjumlah24 orang peserta didik. Penelitian ini bersifat PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai metode penunjang dalam penelitian. Metode tes digunakan penulis untuk melakukan pengamatan secara cermat tentang perkembangan hasil belajar pada proses kegiatan evaluasi atau latihan. Metode wawancara digunakan penulis untuk memberikan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia dan dokumentasi yang digunakan untuk melengkapi data-data guna menunjang dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan multimedia interaktif ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI pada tiap siklusnya yaitu : (1)Pada siklus I, persentase hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai58,3% sedangkan yang tidak tuntassebesar41,7 %. (2)Pada siklus II, persentase hasil belajar peserta didik yang tuntasmencapai87.5% sedangkan yang tidak tuntassebesar12.5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PendidikanAgamaIslam di kelas VII D SMP Negeri 1 Way Krui Pesisir Barat. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi para pendidik dan calon pendidik untuk meningkatkan keterampilan dalam mempergunakan media khususnya multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar sehingga tercipta kualitas pembelajaran yang ideal yang berstandar baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:44
Last Modified: 14 Nov 2018 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4928

Actions (login required)

View Item View Item