MODERNISASI PENDIDIKAN PESANTREN PRESFEKTIF NURCHOLIS MADJID

Safitri, Asmaul (2018) MODERNISASI PENDIDIKAN PESANTREN PRESFEKTIF NURCHOLIS MADJID. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ASMAUL SAFITRI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Konsep Modernisasi Pendidikan Pesantren Menurut Nurcholis Madjid, hal ini di latar belakangi oleh kenyataan bahwa Nurcholis Madjid mengharapkan pengembangan pesantren tidak saja dilakukan dengan cara memasukan pengetahuan non-agama, melainkan agar lebih efektif, praktek pengajaran harus menerapkan metodologi lebih baru dan modern. Adapun rumusan masalah adalah bagaimana konsep pemikiran modernisasi sistem pendidikan di pesantren menurut Nurcholis Madjid dan apakah konsep modernisasi pemikiran modernisasi pendidikan pesantren menurut Nurcholis Madjid dengan pendidikan saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis library reasearch (penelitian kepustakaan) dengan teknik analisis deskriptif, dengan cara mengumpulkan data atau bahan-bahan yang berkaitan dengan tema pembahasan kepustakaan, kemudian dianalisis dengan analisis isi (content anaylisis) yang dimaksud dengan analisis isi adalah penelitian suatu masalah atau karangan untuk mengetahui latar belakang dan persoalan. Adapun hasil penelitian diperoleh yaitu, Konsep modernisasi pesantren menurut Nurcholis Madjid adalah (1) konsep keislaman merupakan dasar yang harus dimiliki lembaga-lembaga islam (pesantren) yaitu mengawasi ilmu sains dan teknologi kedalam pengawasan nilai agama dan moral serta mengislamkan pengetahuan modern. (2) konsep keindonesiaan yaitu pesantren dengan ciri keaslian indonesia dan secara kultur merupakan asli budaya indonesia dapat menciptakan suatu lembaga pendidikan yang mempunyai identitas kultur yang sejati yaitu kultur indonesia. (3) konsep keilmuan yaitu menyeimbangkan ilmu-ilmu islam dan ilmuilmu umum serta menghilangkan dualisme pendidikan menjadi pendidikan tunggal. Sedangkan secara operasional secara terperinci ide Nurcholis Madjid pada sistem pendidikan pesantren berfokus pada perumusan tujuan pesantren, penyempitan orientasi kurikulum, dan sistem nilai di pesantren. Konsep pembaharuan sistem pendidikan pondok pesantren relevan dengan dunia pendidikan islam modern, baik secara filosofis maupun secara manajemen pendidikan dan tidaklah bertentangan dengan perkembangan dunia pendidikan modern saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Nov 2018 03:30
Last Modified: 14 Nov 2018 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item