PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN PEMECAHAN MASALAH (JUCAMA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI JAMUR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Kontesa, Emilia (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN PEMECAHAN MASALAH (JUCAMA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI JAMUR DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penilaian kemampuan berpikir kritis belum banyak yang berorientasi kearah pembiasaan dan peningkatan kecakapan berpikir kritis, kenyataan dilapangan menunjukkan berpikir kritis masih rendah hal ini dibuktikan dengan hasil analisis kebutuhan berpikir kritis yang penulis lakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh proses pembelajaran didalam kelas masih bersifat teoritis dan berpusat pada guru (teacher centered), media yang digunakan hanya sebatas papan tulis menjadi salah satu penghambat dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajran menggunakan model pembelajaran pengajuan pemecahan masalah (Jucama) kelas X pada materi jamur semester genap di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajran 2017/2018. Penelitian ini yaitu Quasy Experiment. Desain penelitian yaitu desain equivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Muhammadiya 2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah teknik acak kelas, dari teknik tersebut didapatkan peserta didik kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIA-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah dianalisis dengan menggunakan uji-t didapat thitung>ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 9,237569061>1,66691448. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pada model pembelajaran pengajuan pemecahan masalah (Jucama) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Pengajuan Pemecahan Masalah (JUCAMA), Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2018 04:11
Last Modified: 13 Nov 2018 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4912

Actions (login required)

View Item View Item