PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF KELAS VII DI MTS AN- NUR PELOPOR BANDAR JAYA LAMPUNG TENGAH

Meliyanti, Destik (2018) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF KELAS VII DI MTS AN- NUR PELOPOR BANDAR JAYA LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor rendahnya hasil belajar pada ranah afektif yaitu suasana kelas selama pembelajaran cenderung pasif, aktivitas siswa rendah, siswa cepat bosan dalam mengikuti pelajaran serta rendanya sikap kepudulian siswa terhadap sesama siswa lainnya dikarenakan metode pembelajaran kurang bervariasi. Untuk menyikapi permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan metode bermain peran terhadap hasil belajar ranah afektif siswa kelas VII MTs. An- Nur Pelopor Bandar Jaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif metode berbentuk Quasi Experimental. Design Penelitian menggunakan posttest - Only Control Design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu metode bermain peran, serta variabel terikat yaitu hasil belajar ranah afektif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs. An- Nur Pelopor Bandar Jaya. Populasi berjumlah 105 siswa, dengan sample 27 siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol adalah teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar koesioner atau angket. Teknik analisis data untuk hasil belajar ranah afektif menggunakan beberapa tahap yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis, semua menggunakan alat bantu hitung pada program SPSS for windows 16. Berdasarkan hasil analisis data dengan perhitungan t-test pada program SPSS for windows 16, menunjukkan bahwa skor post test yang berupa angket pada uji-t diperoleh hasil t hitung > t tabel yaitu 4,764 > 1,67469 maka hipotesis (Ha) diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode bermain peran terhadap hasil belajar ranah afektif siswa kelas VII MTs. An- Nur Pelopor Bandar Jaya. Kata kunci : Metode Bermain Peran, Hasil Belajar pada Ranah Afektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Nov 2018 02:59
Last Modified: 13 Nov 2018 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4905

Actions (login required)

View Item View Item