PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP

WIRAWAN, YOSI MARENDA (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAMIFIKASI PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of YOSI MARENDA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemenarikan bahan ajar yang digunakan oleh guru di sekolah, sehingga siswa merasa proses pembelajaran berlalu begitu saja. Bahan ajar gamifikasi adalah bahan ajar yang lebih mengutamakan tampilan atau penyajian materi pembelajaran berupa gambar, berisikan pertanyaan atau percakapan tentang deskripsi gambar yang menceritakan tentang masalah atau peristiwa yang harus diselesaikan sebagai materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar gamifikasi pada materi himpunan yang layak dan menarik untuk siswa SMP kelas VII. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung dan siswa kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang menggunakan model pengembangan Brog and Gall. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7, yaitu dari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk dan revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan penyebaran angket skala likert. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media atau desain dan ahli bahasa. Uji coba dilakukan dengan dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa pengembangan bahan ajar gamifikasi yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan dan kemenarikan bahan ajar menurut ahli materi, ahli media atau desain dan ahli bahasa serta hasil uji coba produk yang telah dilakukan. Pada penilaian ahli materi terhadap bahan ajar gamifikasi diperoleh nilai rata-rata 76,19%, penilaian pada ahli media atau desain diperoleh nilai rata-rata 72,53% dan penilaian pada ahli bahasa terhadap bahan ajar gamifikasi diperoleh 72,91%. Uji coba yang telah dilakukan dengan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 15 siswa diperoleh nilai skor rata-rata 3,62, uji coba lapangan yang terdiri dari 30 siswa diperoleh nilai skor rata-rata 3,3 dan uji coba respon guru diperoleh nilai skor ratarata 3,3. Jadi bahan ajar gamifikasi pada materi himpunan yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar yang layak dan menarik untuk menunjang dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2018 06:41
Last Modified: 09 Nov 2018 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4868

Actions (login required)

View Item View Item