RELEVANSI FILSAFAT PENDIDIKAN PERENIALISME DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Sutiyah, S (2018) RELEVANSI FILSAFAT PENDIDIKAN PERENIALISME DENGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP SUTIYAH.pdf]
Preview
PDF
Download (13MB) | Preview

Abstract

Perenialisme merupakan suatu aliran dalam pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh. Perenialisme lahir sebagai suatu reaksi terhadap pendidikan progresifisme. Perenialisme menentang pandangan progresifisme yang menekankan perubahan dan sesuatu yang baru. Perenialisme memandang situasi dunia dewasa ini penuh kekacauan, ketidakpastian, dan ketidakteraturan, terutama dalam kehidupan moral, intelektual dan sosio kultural. Analisis Relevansi Filsafat Pendidikan Perenialisme Dengan Kurikulum Pendidikan Agama Islam merupakan suatu uraian mendalam terhadap konsep pemikiran filsafat Perenialisme yang menjadi dasar pemikiran pendidikan selama ini yang kemudian derapkan pada kurikulum Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menambah wacana pendidikan Islam dan pengembangan pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif model library reseach yang mengumpulkan data informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan (buku) yang ditunjukan untuk menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Penelitian ini bersifat deskripsi analitik yaitu suatu penelitian yang menghubungkan data sesuai dengan kategori sehingga dapat dicapai deskripsi baru dan membentuk teori baru. Aspek kajian penerapan perenialisme dalam pendidikan agama Islam antara lain adalah tujuan pendidikan sebagai upaya pewarisan budaya dan mempertahankan fitrah peserta didik, materi pembelajaran menurut perenialisme, pengembangan kurikulum dan pemilihan metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Pemikiran perenialisme yang cenderung regresif, tradisionalis dan konservatif menyebabkan penerapan perenialisme dalam pendidikan agama Islam memiliki kelebihan dan kekurangan yang dibahas di akhir pembahasan skripsi ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2018 04:26
Last Modified: 08 Nov 2018 04:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4852

Actions (login required)

View Item View Item