PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDIT BAITUL JANNAH KECAMATAN KEMILING RAYA BANDAR LAMPUNG

HAMIDI, RIO ROMANDA (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SDIT BAITUL JANNAH KECAMATAN KEMILING RAYA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS RIO ROMANDA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran guru Pendidikan Agama Islam cukup memiliki pengaruh yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Mereka yang memiliki kompetensi dalam mengajar, dimungkinkan akan mampu membangkitkan minat belajar peserta didiknya dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi sebaliknya jika guru kurang memiliki kompetensi, maka akan menimbulkan hambatan dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas, karena guru tersebut akan dihadapkan pada situasi dan kondisi yang kurang kondusif, karena para siswa yang memiliki sikap dan perilaku yang heterogen dalam menerima pelajaran. Untuk itu peran seorang guru Pendidikan Agama Islam turut serta memberikan pencerahan bagi peserta didiknya di sekolah. Dari beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat prestasi siswa dan hal itu turut menentukan berhasil tidaknya siswa dalam proses belajar mengajar selain peran guru, adalah minat belajar siswa. Dalam kegiatan belajar mengajar, minat adalah kecenderungan seseorang terhadap obyek atau suatu kegiatan yang digemari disertai perasaan senang, adanya perhatian dan keaktifan untuk berbuat. Dalam penelitian ini peneliti mendapati sesuatu yang berbeda/unik disalah satu sekolah di Kecamatan Kemiling Raya yaitu SDIT Baitul Jannah, guru melaksanakan perannya dengan porsi yang tidak sama dengan sekolah lainnya dan minat peserta didik baik. Untuk memudahkan penelitian ini maka sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Baitul Jannah Kemiling Raya Bandar Lampung?” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berlokasi di SDIT Baitul Jannah Kemiling Raya Bandar Lampung Bandar Lampung. Peneliti melakukan wawancara terstruktur maupun wawancara tidak terstruktur dengan para nara sumber (guru-guru Pendidikan Agama Islam) dengan didukung oleh data dokumentasi dan observasi secara langsung. Sebagai temuan dalam penelitian ini, tentang tinjauan peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, maka dapat disimpulkan bahwa tiga peran yaitu guru sebagai pendidik, pembina dan pengawas yang telah dilakukan, membuktikan bahwa peranan guru sangat mempengaruhi meningkatnya minat siswa belajar PAI, di SDIT Baitul Jannah Kemiling Raya Bandar Lampung. Sekolah ini menjalankan dua (2) kurikulum yaitu kurikulum umum dan kurikulum khusus (keIslaman / keagamaan) yang memiliki targetan hafalan minimal 3 juz ketika lulus, aktivitas kegiatan praktek ibadah harian seperti berwudhu, sholat dhuha, muroja’ah hafalan, sholat dzuhur berjama’ah, begitu juga dengan azan tapi siswa tetap memiliki minat belajar PAI dengan baik. Artinya dengan peran guru yang dijalankan dengan baik, maka dapat mempengaruhi minat siswa dalam belajar PAI walaupun muatan materinya ditambah, sehingga perlunya penambahan waktu belajar PAI di Sekolah Dasar terutama di SD Negeri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2018 04:00
Last Modified: 08 Nov 2018 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item