IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MINDFUL LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MARLINA, M (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MINDFUL LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP BUDAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI MARLINA.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa melalui implementasi pendekatan mindful learning )kesadaran dalam belajar) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII A di SMP Budaya Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kaloboratif antara peneliti dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar Pendidikan Agama Islam siswa, hal tersebut dapat dilihat dari data berikut ini : 1) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan ada 10 siswa (47,61%) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 18 siswa (85,71%), 2) Mencatat materi pembelajaran sebelum tindakan ada 8 siswa (38,09%) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 19 siswa (90,47%), 3) Bertanya dan menjawab sebelum tindakan ada 4 siswa (19,04%) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 13 siswa (61,9%), 4) bertukar pendapat dengan teman sebelum tindakan ada 5 siswa (23,80%) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 15 siswa (71,42%), 5) Mengeluarkan ide dalam diskusi sebelum tindakan ada 6 siswa (28,57%) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 14 siswa (66,66%), 6) Bekerjasama dalam kelompok sebelum tindakan ada 7 siswa (33,33%) setelah diberi tindakan meningkat menjadi 17 siswa (80,95%). Kemudian setelah dilaksanakan tindakan, berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa, pembelajaran dengan menerapkan pendekatan mindful learning berdampak pada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 57,14% dan pada siklus II sebesar 90,48%. Mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 33,34%. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan mindful learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:30
Last Modified: 06 Nov 2018 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item View Item