IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Hasani, Nikma (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of NIKMA HASANI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Anlisis data yang digunakan menuruta Miles dan Huberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 13 Bandar Lampung belum berjalan dengan baik dilihat dari belum terlaksananya beberapa tahapan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Perlu adanya kreatifitas dan peningkatan kualitas dari setiap guru PAI dalam mengajar sehingga dapat memaksimalkan implementasi pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 08:09
Last Modified: 05 Nov 2018 08:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item View Item