EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FADILAH, VIANURI (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of VIANURI FADILAH.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Motivasi dalam proses belajar mengajar didunia pendidikan merupakan suatu hal yang berperan penting untuk menunjang tercapainya keefektifan dalam mengoptimalkan kemampuan peserta didik. Dalam megoptimalkan kemampuan peserta didik pada proses belajar tidak semua peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi. Namun terdapat juga peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, hal ini terdapat di SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Rendah nya motivasi belajar peserta didik dilatar belakangi oleh banyak faktor penyebab salah satunya adalah persepsi kognitif peserta didik itu sendiri terhadap kemampuan yang dimilikinya sehingga keberhasilan belajar tidak mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektivan konseling kelompok menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 peserta didik 8 sebagai kelompok eksperimen dan 8 peserta didik sebagai kelompok kontrol Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 6 Bandar Lampung diketahui rata-rata Pre-Test pada kelompok kontrol 52,75 sedangkan pada kelompok eksperimen 50,75 setelah diberikan layanan konseling kelompok menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) pada kelompok eksperimen rata-rata Pos-Test 104,13 sedangkan pada kelompok kontrol yang diberikan layanan konseling kelompok mengunakan pendekatan Clent Center 93,25. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat pada data kelompok kontrol menunjukkan N-Gain sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang dan kelompok eksperimen dengan N-Gain sebesar 0.77 yang termasuk dalam kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di SMP PGRI 6 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:24
Last Modified: 05 Nov 2018 07:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4815

Actions (login required)

View Item View Item