PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Uljannah, Dita Anisa (2018) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of DITA ANISA ULJANNAH.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Rasa percaya diri yang timbul di dalam diri peserta didik bermula dari keyakinan dan pola pikir positif peserta didik terhadap kemampuan dan potensi yang ia miliki. Masalah dalam penelitian ini adalah percaya diri rendah berdasarkan hasil penelitian observasi dan wawancara. Kepercayaan diri yang rendah ditunjukkan meliputi malu, minder, tidak mau bertanya kepada guru apabila belum mengerti, tidak mau maju kedepan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penerapan konseling kelompok dengan teknik bermain peran dapat meningkatkan percaya diri peserta didik kelas XI IPA 7 SMA Al-Azhar 3. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif yang bersifat deskriptif. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPA 7 Al-Azhar yang memiliki rasa percaya diri rendah, Hal yang dilakukan penulis adalah mengamati proses penerapan teknik layanan yang dilakukan guru bimbingan dan konseling terhadap anggota kelompok, dan juga mengamati peserta didik saat melakukan proses layanan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik bermain peran yang dilakukan Pendidik BK, dinamika kelompok yang muncul pada setiap tahapan yaitu adanya kemajuan yang dialami peserta didik, mereka telah dapat mengatasi rasa tegang pada diri masing-masing. Terlihat bahwa mereka sudah tidak ragu dan malumalu menanggapi setiap pendapat anggota lain. Hasil secara keseluruhan dari proses pelaksaan layanan menunjukkan bahwa peserta didik telah mengalami perubahan yang berarti. Dan menunjukkan kemajuan yang pesat bahwa semua anggota kelompok sudah menunjukkan sikap positif dan berani sehingga rasa percaya diri yang rendah dapat diatasi dengan cara mencoba mengembangkan kemampuan berbicaran, menjelaskan, dan menerima pendapat teman lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan konseling kelompok dengan teknik bermain peran dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan percaya diri nya. Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Bermain Peran, Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 07:07
Last Modified: 05 Nov 2018 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4812

Actions (login required)

View Item View Item