EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Kesuma, Aditia Yossanda (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY UNTUK MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP PERINTIS 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ADITIA YOSSANDA KESUMA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Membolos dapat diartikan sebagai perilaku peserta didik yang tidak masuk sekolah dengan alasan yang tidak tepat, atau membolos juga dapat dikatakan sebagai ketidakhadiran peserta didik tanpa adanya suatu alasan yang jelas. Membolos merupakan salah satu bentuk dari kenakalan peserta didik, yang jika tidak segera deselesaikan atau dicari solusinya dapat menimbulkan dampak yang lebih parah.. Dilihat dari permasalahannya tersebut terdapat pada peserta didik SMP PERINTIS 2 Bandar Lampung yang mengalami perilaku membolos khususnya kelas VIII, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk mengurangi perilaku membolos melalui konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy. ` Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengurangan perilaku membolos menggunakan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy pada peserta didik di SMP PERINTIS 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain non-equivalent control group design Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa terdapat pengurangan perilaku membolos peserta didik setelah dilaksanakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dengan diperoleh kemudian atau nilai sign lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dapat mengurangi perilaku membolos pada peserta didik kelas VIII SMP PERINTIS 2 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 06:42
Last Modified: 05 Nov 2018 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4811

Actions (login required)

View Item View Item