LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PRIHATIN, SITI (2018) LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SITI PRIHATIN.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Layanan konseling kelompok adalah suatu proses treatment antara anggota dan konselor untuk meningkatkan pemahaman dan penerimaan diri. Rasa percaya diri merupakan faktor utama yang dibutuhkan bagi para peserta didik karena dengan adanya rasa percaya diri yang ditumbuhkan dalam diri bisa dijadikan modal dalam perkembangan tahap belajar peserta didik disekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 31 Bandar Lampung yang berjumlah 32 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik. Metode pengumpulan data menggunaka skal likert. Validasi instrument daan perhitungan reliabilitas menggunakan aplikasi SPSS 16. Dengan demikian instrumen dikatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji Wilxocon. Hal ini terbukti dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan, maka diperoleh berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor percaya diri sebelum dilakukannya layanan konseling kelompok terkait tentang percaya diri pada kelompok eksperiment 43 dan kelompok kontrol 63,2 setelah dilakukannya layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama kelompok eksperiment mengalami peningkatan menjadi 79,1 dan pada kelompok kontrol tidak diberikan treatment namun tetap di kontrol mengalami peningkatan menjadi 65,9. Dari hasil uji Wilxocon menggunakan SPSS versi 16 hasil kedua tabel menunjukkan output “Test statisik”, maka diketahui kolom asymp sig (2 tailed) yang merupakan angka probabilitas p = 0,005 ; p 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kesimpulannya rasa percaya diri pada peserta didik di SMPN 31 Bandar Lampung mengalami perubahan setelah diberikannya layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik sosiodrama. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama berpengarh dalam meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik. Hal ini ditandai dengan peserta didik yang sudah menunjukan kepercayaan diri yang meningkat dan lebih percaya diri dalam proses belajar . Kata Kunci : Layanan Konseling Kelompok, Teknik Sosiodrama, Rasa Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 04:09
Last Modified: 05 Nov 2018 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4810

Actions (login required)

View Item View Item