PENGARUH KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG

Chairunnisya, C (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK BEHAVIOR DENGAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CHAIRUNNISYA.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Efikasi diri dapat di definisikan sebagai keyakinan seseorang akan kemampuan untuk mengatur dan melaksanakan serangkaian tindakan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu. Sedang fenomena yang terjadi di kelas XI MIA 4 MAN 1 Bandar Lampung memiliki efikasi diri rendah. Hal ini ditandai dengan peserta didik yang tidak mencoba mengerjakan soal yang menurut mereka sulit, sering membolos saat jam mata pelajaran yang menurut mereka sulit dan mengerjakan PR di sekolah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan efikasi diri dengan menggunakan konseling kelompok behavior dengan teknik modeling. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok behavior dengan teknik modeling untuk meningkatkan efikasi diri peserta didik kelas XI MIA 4 MAN 1 Bandar Lampung Tujuan penelitian ini adalah unutuk meningkatkan efikasi diri peserta didik. penulis menggunakan pre-eksperimen design yang digunakan yaitu onegrup pretestposttest design Dalam penelitian ini berfokus pada keefektifan konseling kelompok behavior dengan teknik modelling dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 4 yang memiliki masalah efikasi diri rendah yang berjumlah 8 peserta didik. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai z hitung kelas XI MIA 4 yaitu 2,552. Sebelum diberikan teknik modeling hasil pretest dapat di ketehui sebesar 674 dengan mean/rata-rata sebesar 84 masuk dalam kategori sedang, dan hasil posttest setelah diberikan treatment menggunakan teknik modeling sebesar 1135 dengan mean/rata-rata skor sebesar 141,87 masuk dalam kategori tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa teknik modelling lebih efektif dalam meningkatkan efikasi diri peserta didik. Kata kunci : Konseling Kelompok, Teknik Modelling, Efikasi Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:38
Last Modified: 05 Nov 2018 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4807

Actions (login required)

View Item View Item