PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Fitriani, Sri (2018) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SRI FITRIANI.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Minat belajar merupakan perasaan suka atau senang dalam belajar tanpa dorongan atau paksaan dari pihak lain dan selalu memperhatikan saat pelajaran berlangsung, mempunyai ketertarikan dalam belajar, peserta didik selalu mengulang pelajaran yang sudah disampaikan, aktif dalam kegiatan belajar. Namun kenyataan yang terjadi di MTs Al-Hikmah Bandar Lampung ada sebagian peserta didik kelas VIII yang memiliki minat belajar rendah sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan minat belajar melalui bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik possitive reinforcement untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan post-test dalam penelitian ini fokus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik possitive reinforcement untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, sedangkan teknik pegumpulan data yang penulis gunakan yaitu angket minat belajar. Hasil perhitungan pengujian diperoleh hasil thitung3.066 pada derajat kebebasan (df) 22 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 1,138, maka thitung ≥ ttabel (3.066 ≥ 1,138) atau nilai sign.(2tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0,002 ≤ 0,005), ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperiment lebih besar dari kelompok kontrol (87.33 ≥ 50.50). Hal tersebut membuktikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik possitive reinforcement untuk meningkatkan minat belajar kelas VIII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Possitive Reinforcement, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:32
Last Modified: 05 Nov 2018 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4806

Actions (login required)

View Item View Item