PENGARUH KONSELING SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs HASANUDDIN KUPANG TEBA TELUKBETUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ANGGRAENI, ISTI (2018) PENGARUH KONSELING SEBAYA TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs HASANUDDIN KUPANG TEBA TELUKBETUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Konseling sebaya merupakan suatu langkah untuk membantu secara interpersonal individu nonprofesional dalam menyelesaikan masalah teman sebayanya yang mencakup hubungan secara individual dan semua aktivitas interpersonal untuk membantu teman sebaya. Komunikasi interpersonal merupakan proses pengiriman pesan yang dilakukan dua orang atau sekelompok kecil orang dengan memiliki beberapa dampak dan umpan balik yang seketika. Apabila peserta didik kurang memiliki komunikasi interpersonal yang baik maka akan mengakibatkan konflik interpersonal, kesalahpahaman dan misscomunication yang dapat menggangu interaksi sosial dengan peserta didik lainnya di lingkungan sekolah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk pre experimen design dengan design penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh konseling sebaya terhadap peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik dengan teknik pengumpulan data yaitu angket Terdapat 13 peserta didik yang kurang memiliki komunikasi interpersonal. Adapun hasil dapat diketahui dari uji wilcoxon bahwa nilai z hitung 3.183. Selain itu diketahui dari hasil pretest 516 dengan rata-rata 39.69, posttest skor yang diperoleh 1106 dengan rata-rata atau mean 85.08, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas VIII setelah pemberian konseling sebaya hal ini dapat dilihat dari hasil posttest (85.08 39.69) untuk melihat selisih antara pretest dan posttest dapat dilihat dengan skor yang didapat sebesar 590 dengan rata-rata 45.38 hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa konseling sebaya memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik kelas VIII di MTs Hasanuddin Kupang Teba TelukBetung Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci : Konseling Sebaya, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 03:24
Last Modified: 05 Nov 2018 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4804

Actions (login required)

View Item View Item