PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Putri, Kamelia (2018) PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of KAMELIA PUTRI.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar merupakan keseluruhan daya penggerak seseorang dalam melakukan kegiatan belajarnya agar mengarah pada perbuatan belajar yang jelas dan terarah sehingga tujuan belajar peserta didik dapat dicapai. Dengan adanya motivasi belajar yang tinggi, tentu seseorang tersebut akan lebih terarah dalam berfikir, bertindak dan berbuat sehingga sesuai dengan tujuan yang di inginkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek penelitian memiliki motivasi belajar yang rendah. Motivasi belajar yang rendah ditunjukkan dengan malas mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, kurang ulet/mudah menyerah saat menghadapi kesulitan, sering membolos saat proses belajar mengajar, dan tidak peduli dengan nilainya serta mendapatkan nilai yang buruk. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk quasi experimental design dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Pada dua kelompok tersebut sama-sama dilakukan pretest dan posttest. Dalam penelitian ini berfokus pada penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Sampel penelitian ini adalah peserat didik kelas XI IPA 7 dan XI IPS 2 yang memiliki masalah dalam motivasi belajar. Adapun hasil dapat diketahui bahwa nilai z hitung eksperimen > z kontrol (2,512 > 2,375). Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu di dapat nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol (151,62 > 133,12).jika dilihat dari hasil yang didapat maka peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa teknik diskusi lebih dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 02:19
Last Modified: 05 Nov 2018 02:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4802

Actions (login required)

View Item View Item