PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA (Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MIA Semester 1 SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Ajaran 2018/2019)

Apriyani, Shinta (2018) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA (Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MIA Semester 1 SMA Negeri 1 Seputih Agung Tahun Ajaran 2018/2019). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh problem based learning disertai peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA, dan (2) mengetahui pengaruh problem based learning disertai peta konsep terhadap afektif peserta didik kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Desain penelitian yang digunakan pada quasi eksperimen ini adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen (X MIA 5) dan kelas kontrol (X MIA 4), dengan teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis, dan nontes dalam bentuk angket untuk mengukur ranah afektif. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji tstudent dengan uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh hasil hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, karena hasil analisis uji t thitung< ttabel dengan α = 0,05, dengan hasil diperoleh kemampuan berpikir kritis 0,00 < 0,05 dan afektif 0,01 < 0,05. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada pengaruh problem based learning disertai peta konsep terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA, dan (2) Ada pengaruh problem based learning disertai peta konsep terhadap afektif peserta didik kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:38
Last Modified: 05 Nov 2018 01:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item