PENGARUH E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG

Adiatama, Indah (2018) PENGARUH E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

E-learning merupakan model pembelajaran jarak jauh yang di padupadankan menggunakan schoology, sedangkan flipped classroom merupakan model pembelajaran yang membalik ruang kelas dimana pendidik hanya fasilitatornya saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik menggunakan model pembelajaran e-learning berbasis schoology. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental deign. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung dan sampel merupakan peserta didik kelas VIII C, VIIID, dan VIII E. VIII D dan VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik acak kelas. Analisis data dengan menggunakan anova satu jalur (one way anova). Perhitungan data dianalisis menggunakan statistika inferensial dengan bantuan aplikasi sofware SPSS 16.0. Hasil perhitungan data penelitian diperoleh bahwa nilai sig < α, dimana nilai signifikannya sebesar 0.000 H0 ditolak. Menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis meningkat melalui pembelajaran e-learning berbasis schoology dan flipped classroom.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran elearning berbasis schoology dan flipped classroom terhadap peningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dengan taraf interprestasi N-gain klasifikasi sedang. Kata Kunci :E-learning, Flipped Classroom, Schoology, dan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2018 07:55
Last Modified: 01 Nov 2018 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4794

Actions (login required)

View Item View Item