PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

KHOLIFAH, SITI (2018) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SITI KHOLIFAH.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kecerdasan emosional. Masalah penelitian ini “apakah layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training berpengaruh untuk meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Laampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif metode pre eksperimen dengan desain one group pretest dan posttest, populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung yang memiliki tingkat kecerdasan emosional nya yangn rendah. Pemilihan sampel dilakukan melalui penyebaran angket kecerdasan emosional yang telah di uji validitas. Terdapat 10 peserta didik yang memiliki kategori keceerdasan emosional rendah. Adapun hasil dapat diketahui dari uji wilcoxon bahwa nilai z hitung 2.810. Selain itu diketahui dari hasil posttest skor yang diperoleh 390 dengan rata-rata atau mean 39, terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas VIII setelah pemberian konseling kelompok dengan teknik assertive training hal ini dapat dilihat dari hasil posttest (80.70 39) untuk melihat selisih antara pretest dan posttest dapat dilihat dengan skor yang didapat sebesar 417 dengan rata-rata 41.7 hal tersebut menunujukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive training memiliki pengaruh terhadap meningkatan kecerdasan emosional peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2018 07:36
Last Modified: 01 Nov 2018 07:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4792

Actions (login required)

View Item View Item