PEMBELAJARAN FIQH DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ALHIJROTUL MUNAWWAROH BANDAR LAMPUNG

Zamast, Muhammad Tomy Ariri (2018) PEMBELAJARAN FIQH DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH ALHIJROTUL MUNAWWAROH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of tomy.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Era globalisasi telah membawa pendidikan ke arah yang telah maju dan modern dan terus mengembangkan pembelajaran-pembelajaran yang modern. Akan tetapi ada juga lembaga pendidikan yang melestarikan warisan ulama-ulama terdahalui yang mempuyai ciri khas dan ke unikan dalam pembelajaran Fiqh yang mengunakan kitab kuning seperti yang ada di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hijrotul Munawwaroh Bandar Lampung. Tetapi pembelajaran fiqh ini tidak akan berarti tanpa di dukung oleh sistem pembelajaran yang baik dan cepat melalui berbagai macam pola pembelajaran yang diterapkan. Adapun rumusan masalah yang diteliti: bagaimana pembelajaran Fiqh pada Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hijrotul Munawwaroh Bandar Lampung.? Penelitian ini merupakan penelitian Deskritif Kualitatif. Sumber datanya adalah para santri dan Sepuluh Ustadz di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hijrotul Munawwaroh. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini antara lain; observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan langkahlangkahnya adalah reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan data dan untuk keabsahan data digunakan triangulasi. Hasil penelitian menunujukan, bahwa pembelajaran Fiqh pada Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hijrotul Munawwaroh Bandar Lampung melalui 3 tahapan: (1) Perencanaan pembelajaran Fiqh dalam menyusun silabus, program bulanan, program tahunan, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tetapi belum tertulis. Pondok Pesantren Salafiyah Al-Hijrotul Munawwaroh merupakan jenis pendidikan keagamaan yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan nonformal.(2) dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqh juga dilakukan kegiatan awal, inti dan akhir. Pembelajaran Fiqh menitikberatkan pada penyampaian materi dengan menggunakan kitab-kitab Fiqh yaitu: Fiqhul Wadhi, Safinatu Naja, Fathul Qorib dengan bahasa jawa Serang, walaupun kebanyakan santri berbeda suku tetapi santri mampu memahami dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan metode bandungan, penugasan, ceramah dan praktik (3) evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah secara lisan seperti hafalan dan praktik Kata kunci: Pembelajaran, Fiqh, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2018 04:22
Last Modified: 01 Nov 2018 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item