PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN 2 BANDAR LAMPUNG

DINA, ITA FARA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMAN 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ITA FARA DINA.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik yang masih rendah. Selama ini guru hanya menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah dan penugasan. Proses pembelajaran peserta didik kelas X MIPA di SMAN 2 Bandar Lampung kurang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran biologi untuk mengembangkan kedua kemampuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMAN 2 Bandar Lampung, dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMAN 2 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan design Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas X MIPA 3 dan 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket kemandirian belajar yang dinyatakan layak untuk digunakan dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMAN 2 Bandar Lampung, (2) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X di SMAN 2 Bandar Lampung. Dengan peningkatan N-Gain Kemampuan berpikir kritis 56% dan kemandirian belajar 52%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Perubahan Lingkungan atau Iklim dan Daur Ulang Limbah, Kemampuan Berpikir Kritis, kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2018 03:02
Last Modified: 01 Nov 2018 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4784

Actions (login required)

View Item View Item