“IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AHLUSSUNAH WALJAMA’AH AN NAHDLIYYAH (ASWAJA) DI MTs MA’ARIF FATAHILLAH SINDANG ANOM KEC. SEKAMPUNG UDIK KAB. LAMPUNG TIMUR”

Kurniawati, Titik (2018) “IMPLEMENTASI MATA PELAJARAN AHLUSSUNAH WALJAMA’AH AN NAHDLIYYAH (ASWAJA) DI MTs MA’ARIF FATAHILLAH SINDANG ANOM KEC. SEKAMPUNG UDIK KAB. LAMPUNG TIMUR”. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TITIK KURNIAWATI.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemerosotan akhlak. Hal ini sering terjadi pada anak usia sekolah menengah pertama atau Madrasah Tsanawiyah. Anak pada usia ini condong bergaul dengan teman sebayanya dan mudah terpengaruh oleh teman sejawatnya, bahkan mulai tumbuh keinginan untuk tampil beda agar mendapat perhatian dari anggota atau dari orang - orang di sekitarya. Pengaruh negatif teman terhadap perilaku anak pada usia ini dampaknya cukup besar. Karena itu mereka memerlukan pendidikan agama yang termasuk didalamnya terdapat nilai-nilai Aswaja guna membentuk akhlak yang mulia. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Mata Pelajaran Aswaja di MTs Ma’arif Fatahillah Sindang Anom? Dalam metode ini digunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan obvservasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi data yang meliputi data reduction (penolakan data). Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi ASWAJA dalam Mata Pelajaran Aswaja di MTs Ma’arif Fatahillah Sindang Anom yang menekankan cerminan nilai-nilai Aswaja diwujudkan dalam bentuk kurikulum dan pelaksanaan pembelajaran dengan pembekalan teori, aktifitas ritual (amaliah-amaliah) dan pengajaran akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian Implementasi mata pelajaran Aswaja di MTs Ma’arif Fatahillah Sindang Anom tidak hanya bersifat teoritis tetapi juga aplikatif. Skripsi ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran yang dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengantisipasi permasalahan pendidikan Islam sekarang dan yang akan datang. Dengan study ini juga diharapkan dapat menambah khazanah ilmu pengetahuan dibidang pendidikan Islam khususnya pada diri penulis dan umumnya kepada para pembaca. Untuk mengetahui aktualisasi serta relevansi tentang implementasi nilai-nilai ASWAJA dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Kata Kunci: Implementasi, Mata Pelajaran Aswaja, Nilai-nilai Aswaja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:09
Last Modified: 01 Nov 2018 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item