KONSEP AKHLAK PENDIDIK (Studi Kasus Pada MA Baitul Kirom Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan)

MUTHOHAROH, M (2018) KONSEP AKHLAK PENDIDIK (Studi Kasus Pada MA Baitul Kirom Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of MUTH.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di Indonesia yang dilihat semakin lama makin menurun baik dari segi kualitas dan moral peserta didiknya. Hal ini sedikit banyaknya dipengaruhi oleh kualitas dari pendidiknya pula. Maka dalam penelitian ini penulis mengambil penelitian yang yang berjudul : Konsep Akhlak Pendidik (Studi Kasus pada MA Baitul Kirom Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan). Dengan mengambil rumusan masalah (1) bagaimana konsep akhlak pendidik dalam Islam (menurut kitab At-tibyan fi Adaabi Hamalatil Qur’an)?, (2) bagaimana akhlak pendidik pada MA Baitul Kirom Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan?. Tujuan dari tesis ini adalah (1) untuk mengetahui konsep akhlak pendidik dalam Islam (menurut kitab At-tibyan fi Adaabi Hamalatil Qur’an), (2) untuk mengetahui akhlak pendidik pada MA Baitul Kirom Desa Mulyosari Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Lampung Selatan. Adapun manfaatnya adalah untuk menambah pengetahuan dan menjadi tolak ukur bagi pendidik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan, memo dan dokumen resmi lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data dilakukan dengan pemeriksaan kepercayaan. Hasil penelitian ini adalah Konsep akhlak pendidik yang tertera dalam kitab At-Tibyaan fi Adabi Hamalatil Qur’an karya Imam An-Nawawi adalah sebagai berikut: Pendidik harus mendidik dengan mengharap Ridho dari Allah swt. (ikhlas), Hendaknya dalam mendidik, pendidik tidak mempunyai tujuan duniawi, Pendidik harus berakhlak yang baik, akhlak baik inimeliputi besikap sabar, adil dan tawadu’, kemudian harus bersikap lemah-lembut kepada peserta didiknya, Pendidik harus bisa memberikan nasehat-nasehat kebaikan untuk pesera didiknya, (2) Penulis melihat masih kurangnya akhlak pendidik dari pendidik untuk mampu menjadi panutan bagi peserta didiknya. Seperti halnya sebagai berikut: menurut data yang ada, penulis menemukan pendidik sudah baik dalam mengajar, tapi belum maksimal dalam mendidik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:57
Last Modified: 30 Oct 2018 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4775

Actions (login required)

View Item View Item