UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPA MASJID AL MUSLIMIN KELURAHAN PAHOMAN KECAMATAN ENGGAL KOTA BANDAR LAMPUNG

TARMIZI, M (2018) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI TPA MASJID AL MUSLIMIN KELURAHAN PAHOMAN KECAMATAN ENGGAL KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS M. TARMIZI.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa lembaga pendidikan Islam saat ini banyak yang memiliki perhatian serius dalam hal peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an bagi santrinya, termasuk di TPA Masjid Al Muslimin Kelurahan Pahoman Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung. Keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an salah satunya ditentukan oleh upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal tersebut. Maka dari itu penting bagi seorang guru untuk melakukan berbagai macam upaya yang tepat dalam meningkatkan bacaan dan hafalan Al-Qur’an. Kondisi di atas menarik bagi penulis untuk dibahas sehingga rumusan masalah yang diajukan adalah “Bagamaiana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an di TPA Masjid Al Muslimin Kelurahan Pahoman Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung”?. Selanjutnya tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an di TPA Masjid Al Muslimin Kelurahan Pahoman Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan analisa kualitatif deskriptif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Temuan penelitian ini yaitu guru di TPA Masjid Al Muslimin Kelurahan Pahoman Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an, namun dalam upayanya tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yaitu kemampuan membaca dan menghafal setiap anak yang berbeda, alokasi waktu yang kurang, beberapa anak yang kurang semangat. Kesimpulan penelitian bahwa upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an di TPA Masjid Al Muslimin Kelurahan Pahoman Kecamatan Enggal Kota Bandar Lampung adalah (1) membetulkan bacaan anak didiknya ketika menyetorkan hafalan, yakni panjang pendek dan makhrojnya, (2) Memberikan contoh ketika hafalan anak didiknya itu ada yang salah, agar ayat-ayat yang telah dihafal tetap teringat dalam otak kita, maka kita tidak malas-malas untuk terus mengulang hafalannya. (3) Diberikannya jadwal kegiatan setiap harinya, untuk hari Senin dan Selasa yaitu tadarus bersama atau menambah materi baru dan mengulang hafalan yang telah dihafalkan. (4) Mewajibkan setoran hafalan, guru tidak membatasi surat yang dihafal melainkan seberapa kemampuan masing-masing. Hal ini dilakukan pada hari Rabu dan Sabtu. (5) latihan menulis surat pendek tanpa melihat contoh setiap hari Kamis. Kata kunci : upaya guru, kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:55
Last Modified: 30 Oct 2018 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4774

Actions (login required)

View Item View Item