PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL (ASRAMA) DAN PROGRAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM (PPAI) TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA MUSLIM DI ASRAMA GREEN DORMITORY UNIVERSITAS MALAHAYATI LAMPUNG

ELBAS, RUAIDA (2018) PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL (ASRAMA) DAN PROGRAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM (PPAI) TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA MUSLIM DI ASRAMA GREEN DORMITORY UNIVERSITAS MALAHAYATI LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS RUAIDA.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

RUAIDA ELBAS NPM: 1686108085 PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BOARDING SHCOOL (ASRAMA) DAN PROGRAM PEMBINAAN AGAMA ISLAM (PPAI) TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA MUSLIM DI ASRAMA GREEN DORMITORY UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG, TESIS: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN-LAMPUNG. bahwa tujuan pendidikan nasional adalah membentuk semberdaya manusia indonesia memiliki kecerdasan spiritual, kecerdasan emosioal dan kecerdasan intelektual. dan untuk menanamkan kecerdasan spiritual secara spesefik adalah melalui pendidikan agama di lembaga pendidikan formal Namun dalam perjalanannya PAI dirasa belum mampu mewujudkan tujuantujuan tersebut. hal ini dapat dibuktikan dari maraknya aksi kekerasan, Pegaulan bebas, minum-minuman keras, narkoba yang dilakukan oleh pelajar bahkan mahasiswa. Oleh karena itu perlu sebuah kajian mengenai aspek lain yang perlu ditinjau untuk dapat menemukan alternatif lain selain pendidikan formal untuk meningkatkan kecerdasan spiritual mahaiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan analisis jalur. Untuk kegiatan tersebut penelitian Penelitian dilaksanakan di Arama Mahasiswa Universitas Malahayati Bandar Lampung (Green Dormitory) pada tahun ajaran 2017- 2018,Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan skala likers dan pengolahan data menggunakan SPSS versi 16. Dari hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara sistem pembelajaran boarding school (Asrama) terhdap kecerdasan Spiritual mahasiswa Green Dormitory dan pengaruh tersebut signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linier sederhana untuk variabel manajemen kelas terhadap motivasi belajar PAI yaitu Ȳ = 95,972+ 0,321X1 + e. persamaan tersebut memberikan informasi bahwa rata-rata penambahan satu skor manajemen kelas akan diikuti oleh kenaikan 0,321 skor motivasi belajar. Harga koefesien korelasi (r) sebesar 0,37 atau indeks diterminasi 0,140 (14%) berarti bahwa 14% kecerdasan spiritual mahasiswa muslim di green dormitory UNMAL ditentukan oleh manajemen kelas, selebihnya ditentukan oleh factor lain. Dari hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara media pembelajaran terhdap motivasi belajar PAI dan pengaruh tersebut signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linier sederhana untuk variabel media pembelajaran terhadap Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Muslim di Asrama Green Dormitory UNMAL yaitu Ȳ= 99,047+ . 313 X2 + e,. persamaan tersebut memberikan informasi bahwa rata-rata penambahan satu skor manajemen kelas akan diikuti oleh kenaikan 0, 313 skor motivasi belajar. Harga koefesien korelasi (r) sebesar 0,438 atau indeks diterminasi 0,192 (19,2%)berarti bahwa 19,2%

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:53
Last Modified: 30 Oct 2018 06:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4773

Actions (login required)

View Item View Item