PENGARUH PROSES SOSIALISASI PESERTA DIDIK DENGAN GURU DI SEKOLAH DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NEGERI 2 PUBIAN KECAMATAN PUBIAN KABUPATENLAMPUNG TENGAH TAHUN 2017

IMAMAH, NUR (2018) PENGARUH PROSES SOSIALISASI PESERTA DIDIK DENGAN GURU DI SEKOLAH DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SISWA DI SMP NEGERI 2 PUBIAN KECAMATAN PUBIAN KABUPATENLAMPUNG TENGAH TAHUN 2017. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of NUR IMAMAH.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Nur Imamah NPM. 1686108064 Judul Tesis “Pengaruh Proses sosialisasi peserta didik dengan guru di sekolah dan Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pendidikan agama islam terhadap Hasil pembelajaran siswa di SMP. Negeri 2 Pubian Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung TengahTahun 2017.” Tesis Program Pascasarjana (PPs) Unversitas Islam Negeri Bandar Lampung. Pembimbing I Bapak Prof. Dr. H. Achmad Asrori, MA. Pembimbing II Bapak Dr. Sunarto, M.Pd.I. Hasil pembelajaran siswa merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mempelajari materi yang disampaikan selama periode tertentu, untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa guru perlu mengadakan evaluasi atas kemampuan siswa saat memahami materi yang telah disampaikan melalui hasil evaluasi tersebut, maka dapat dilihat hasil pembelajaran yang diperoleh siswa, hasil pembelajaran juga dipengaruhi beberapa faktor yang diantaranya adalah Proses sosialisasi peserta didik dengan guru di sekolah dan Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru pendidikan agama Islam (PAI). Perumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah Proses sosialisasi peserta didik dengan guru di sekolah secara parsial berpengaruh terhadap hasil pembelajaran siswa ? (2) Adakah Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru PAI secara parsial berpengaruh terhadap hasil pembelajaran siswa ? (3) Adakah Proses sosialisasi peserta didik dengan guru di sekolah dan Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru PAI secara simultan berpengaruh terhadap hasil pembelajaran siswa ? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 64 responden, menggunakan teknik Stratified Random Sample Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data tentang Proses sosialisasi peserta didik dengan guru di sekolah (X1), Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru PAI (X2) dan hasil pembelajaran siswa (Y) Teknis analisis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi serderhana dan berganda yang menggunakan program Microsoft Office Excel 2007 Dari hasil perhitungan kuisioner telah dapat menjawab hipotesa sebagai berikut : Secara parsial terdapat pengaruh X1 terhadap Y dengan tingkat pengaruh (Rsquare) sebesar 52,8% yang berarti X1 memberikan pengaruh sebesar 52,8% terhadap Y dan secara parsial terdapat pengaruh X2 terhadap Y dengan tingkat pengaruh (Rsquare) sebesar 50,7% yang berarti X2 memberikan pengaruh sebesar 50,7% terhadap Y dan Secara simultan terdapat pengaruh X1 dan X2 terhadap Y dengan tingkat pengaruh (Rsquare) sebesar 53,9% yang berarti X1 dan X2 secara bersama – sama memberikan pengaruh sebesar 53,9% terhadap Y. Kata Kunci : Proses sosialisasi peserta didik dengan guru di sekolah, Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru PAI dan hasil pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:48
Last Modified: 30 Oct 2018 06:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4771

Actions (login required)

View Item View Item