TRADISIONALISME SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN SALAFIYYAH DI ERA MODERNISASI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Assya`roniyyah Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur)

ARIFIN, M. ZAINAL (2018) TRADISIONALISME SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN SALAFIYYAH DI ERA MODERNISASI (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Assya`roniyyah Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur). Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ZAINAL.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Beranjak dari pemikiran filosofis yang mengatakan bahwa dunia dan segala aktifitas yang ada di dalamnya akan terus berubah. Manusia sebagai aktor kehidupan akan terus melakukan perubahan (pembaruan) untuk mengatasi peroblema kehidupan yang terjadi. Dalam hukum sosial adakalanya perubahan yang dilakukan bersifat siklus, yakni perubahan yang tidak menentu; aktifitas manusia akan berulang-ulang antara primitif, tradisional dan modern, dan adakalanya bersifat linear, yakni perubahan yang terarah dari yang primitif, ke pola tradisional dan modern. Sebagai sebuah sistem, pendidikan tidak dapat melepaskan diri dari berbagai sistem kehidupan yang mengitarinya. Sistem pendidikan harus terus bermetamorfosis menuju tataran yang lebih ideal, karena pendidikan merupakan media transformasi masyarakat. Di era modern, pondok pesantren salafiyah diasumsikan akan melakukan perubahan. Masalahnya adalah ketika melakukan perubahan (modernisasi) apakah pondok pesantren salafiyah menanggalkan tradisinya? Jawaban awal terhadap pertanyaan tersebut, tidak. Lalu bagaimana kebijakan yang dilakukan ketika adanya keinginan untuk mempertahankan tradisinya dan keharusan modernisasi? Pertanyaan ini muncul karena konotasi antara tradisi dan modernisasi merupakan dua kubu yang tidak mungkin menyatu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Pondok Pesantren Assya`roniyyah dijadikan sebagai bahan diskusi. Dengan menggunakan metode deskriptifkualitatif, dan pendekatan historis, sosiologis dan fenominologis, penulis berupaya menganalisa sistem pendidikan yang dijalankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendidikan Pondok Pesantren Assya`roniyyah merupakan kombinasi antara unsur tradisionalisme dan modernisasi. Perubahan sistem pendidikan pondok pesantren salafiyah di satu sisi merupakan proses linear, artinya berbagai sistem pendidikan telah diperbarui sebagai respon terhadap modernitas. Namun di sisi lain ada suatu keinginan untuk tetap memegang bahkan ingin kembali kepada paradigma tradisional (proses siklus). Maka, pada hakikatnya perubahan yang terjadi pada sistem pendidikan pondok pesantren tersebut merupakan proses perubahan menuju terciptanya pendidikan integral. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:40
Last Modified: 30 Oct 2018 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item