PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLMA (PAI) DI SMAIT BABUL HIKMAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN

MUTA’ALIM, M (2018) PERAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLMA (PAI) DI SMAIT BABUL HIKMAH KALIANDA LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS MU'ATALIM.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berkenaan tentang peran Kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peran guru seperti menjadi fasilitator, membimbing, mengarahkan dan memberi nasehat, menjadi teladan dan membiasakan belajar mengajar. Dan peran kepala sekolah menyediakan fasilitas belajar, memberi perhatian dalam kegiatan belajar peserta didik, membiasakan peserta didik untuk belajar serta memberikan arahan dan nasehat. Berdasarkan hasil pra survey penelitian SMAIT BABUL HIKMAH Kalianda peran guru pendidikan agama Islam dan kepala sekolah peserta didik tergolong baik yang menjadi permasalahan adalah perolehan prestasi belajar yang masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik mengadakan penelitian mengenai “Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMAIT Babul Hikmah Kalianda Rumusan masalah saya fokuskan pembahasan : “Bagaimana peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prsetasi belajar peserta didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMAIT Babul Hikmah Kalianda Lampung Selatan?” Selanjutnya penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam pengambilan sumber data mengunakan cara berupa, purposive sampling dan snowball. Dan teknik pengumpulan data berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metodeanalisis data dilakukan dengan Reduksi Data, Penyajian Data danVerfikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka ditemukan dilapangan bahwa “peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prsetasi belajar peserta didik Bidang Studi pendidikan Agama Islam Di SMAIT Babul Hikmah Kalianda Lampung Selatan telah di perankan dengan baik kepada peserta didik di SMA tersebut, pelaksanaan dalam proses belajar mengajar pun berjalan dengan baik, peran guru dengan mengajarkan pendidikan Agama Islam, membiasakan mendisiplinkan pola belajar, memberikan motivasi belajar, memberikan arahan, memberikan bimbingan, menghukum, memberikan pujian dan hadiah, memberikan suri tauladan dan menasehati peserta didik. Peran kepala sekolah dalam menyediakan fasilitas belajar, memperhatikan pendidikan peserta didik, memberikan pengarahan dan nasehat, memberikan pengawasan, memberikan semangat dan motivasi dan membantu kesulitan belajar. Prestasi belajar peserta didik di SMAIT Babul Hikmah Kalianda Lampung Selatan setelah di perankan olehkepala sekolah dan guru prestasi belajar peserta didik dapat meningkat dengan cukup baik. Penulis menyimpulkan bahwa peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik membutuhkan keselarasan dari kedua belah pihak baik keluarga peserta didik ataupun pihak sekolah seperti dewan guru serta pihakpihak yang terkait di dalamnya, namun tidak terlepas dari minat, motivasi dan kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:34
Last Modified: 30 Oct 2018 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4766

Actions (login required)

View Item View Item