EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP TUNAS DHARMA WAY GALIH LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Sulastri, S (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP TUNAS DHARMA WAY GALIH LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_HHHHHHHHHHHHHH.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena media pembelajaran dapat mempengaruhi tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan di kelas. Dalam proses pembelajaran PAI di kelas VII B SMP Tunas Dhrama terlihat masih banyak peserta didik yang kelihatan tidak semangat, kurang memperhatikan materi yang disampaikan guru, berpindah-pindah tempat, ramai membicarakan hal lain diluar pelajaran, bahkan ada yang mengantuk. Kemandirian peserta didik dalam menguasi materi pelajaranpun masih rendah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Power Point dalam pembelajaran PAI di SMP Tunas Dharma Way Galih Lampung Selatan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari beberapa indikator efektivitas penggunaan media Power Point yaitu ketepatan dengan tujuan pembelajaran, kesesuaian dengan taraf berfikir peserta didik, ketersedian waktu untuk menggunakan media pembelajaran, bersifat interaktif dan content rich maka apabila diukur dengan keempat aspek tersebut penggunaan media Power Point dalam pebelajaran PAI di kelas VII B SMP Tunas Dharma dapat dikatakan efektif dengan indikasi berkurangnya peserta didik yang melakukan aktivitas di luar pembelajaran yakni berkurangnya peserta didik yang mengobrol dan mengantuk, peserta didik lebih tertarik, termotivasi dan lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Faktor pendukung dalam penggunan media pembelajaran Power Point antara lain besarnya keinginan guru dan peserta didik untuk menggunakan media yang interaktif, memberikan pengalaman lebih nyata, menarik perhatian dan minat peserta didik dalam belajar, semua indera peserta didik dapat diaktifkan dan lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. Sedangkan faktor penghambat dalam penggunaan media Power Point adalah kurangya ketersediaan LCD Proyektor, perbedaan peserta didik dalam memahami program Power Point, dan kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi yang ditampilkan dengan menggunakan media pembelajaran Power Point. Kata kunci: Efektivitas Media Power Point, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Mar 2017 01:39
Last Modified: 29 Mar 2017 01:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/474

Actions (login required)

View Item View Item