PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 (MTsN 1) BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sari, Reni Ratna (2018) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN SKI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 (MTsN 1) BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of RENI RATNASARI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Evaluasi sebagai salah satu komponen dalam proses belajar mengajar menduduki posisi yang penting, sebab hanya evaluasi guru dapat mengukur dan menilai sejauh mana tujuan pengajaran dapat tercapai dan dapat mengetahui kegagalan dari hasil pengajaran tersebut. Guru mata pelajaran SKI di MTsN 1 Bandar lampung dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran ini terlihat saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung diantaranya, pelaksanaan evaluasi saat proses pembelajaran belum maksimal yaitu guru masih terfokus pada materi daripada pelaksanaan evaluasi dengan guru mata pelajaran SKI kurang menguasai teknik–teknik evaluasi pembelajaran dan evaluasi yang dilakukan lebih sering pada aspek kognitif daripada afektif dan psikomotorik disebabkan adanya faktorfaktor yang mempengaruhi dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran yaitu banyaknya jumlah kelas yang diajarkan dan banyaknya mata pelajaran yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran SKI di MTsN 1 Bandar Lampung dan factor-faktor mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data menurut Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi pemebelajaran SKI di MTsN 1 Bandar Lampung belum dikatakan baik oleh guru SKI di MTsN 1 Bandar Lampung, karena guru masih kesulitan dalam menyesuaikan pelaksanaan evaluasi dengan perencanaan evaluasi yang di buat disebabkan adanya factor-faktor yang mempebngaruhi dalam melaksanakan evaluasi yaitu jumlah siswa yang di tangani dan banyaknya mata pelajaran yang di ajarkan Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2018 01:59
Last Modified: 29 Oct 2018 01:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4730

Actions (login required)

View Item View Item