PENERAPAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 2 SUMBEREJO, KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG SKRIPSI

PUTRI, EKA RESTIANA (2018) PENERAPAN METODE STUDENT CREATED CASE STUDIES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII SMPN 2 SUMBEREJO, KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS, LAMPUNG SKRIPSI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan salah satu hal sentral yang terdapat dalam dunia pendidikan. Namun, dalam prosesnya terkadang menggunakan metode yang monoton misalnya hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab yang membuat siswa sulit memahami konten dan memiliki kemandirian belajar kurang. Apabila kemandirian belajar siswa kurang menyebabkan siswa tidak dapat langsung belajar karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered). Di SMPN 2 Sumberejo sarana prasarana sudah mendukung namun dalam kegiatan pembelajaran siswa terlihat pasif sehingga kemandirian belajar tidak terbangun. Maka untuk itu, peneliti mengangkat tema tentang penerapan metode Student Created Case Studies yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII 5 SMPN 2 Sumberejo, Tanggamus, Lampung. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII 5 berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini bersifat kolaboratif, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data bersifat deskriptif-kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Student-Created Case Studies tingkat kemandirian siswa meningkat dan nilai ketuntasan siswa juga meningkat memenuhi KKM. Tingkat kemandirian siswa sebelum diberi tindakan (pra siklus) 22% (8 siswa), nilai rata- ratanya 55,67 berada katagori rendah. Setelah diberi tindakan pada siklus I tingkat kemandirian siswa 44% (14 siswa) nilai rata-rata 65,56 sudah meningkat dari sebelumnya. Selanjutnya pada siklus II tingkat kemandirian adalah 67 % (20 siswa) nilai rata-rata 70,56 dapat dikatagorikan sudah mencapai indikator kemandirian. Kata kunci: metode Student Created Case Studies, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:00
Last Modified: 24 Oct 2018 02:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item