PEMIKIRAN MUHAMMAD RASYID RIDHA TENTANG PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM

Syah, Irvan (2018) PEMIKIRAN MUHAMMAD RASYID RIDHA TENTANG PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah salah satu persoalan yang masih dihadapi dalam dunia pendidikan adalah adanya dikotomi keilmuan antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum yang berdampak kepada dualisme lembaga pendidikan disatu sisi ada pendidikan agama yang hanya mengajarkan nilai-nilai keagamaan tetapi kurang memahami masalah kondisi riil urusan duniawi, sebaliknya pendidikan umum yang hanya mengajarkan pengetahuan dan keterampilan dunia, tetapi kering akan nilai-nilai agama. Menurut Muhammad Rasyid Ridha, pada dasarnya ilmu pengetahuan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum. Atas pertimbangan ini penulis ingin mengkaji pemikiran tokoh di abad ke- 20 yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap pembaharuan Islam. Muhammad Rasyid Ridha telah melakukan pembaharuan dalam pendidikan Islam seperti tujuan pendidikan Islam, kurikulum pendidikan, sistem pendidikan, pendidik dan peserta didik, serta mengintegrasikan antara ilmu umum dan ilmu agama. Penulis merumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut: Bagaimana Pemikiran Muhammad Rasyid Ridha tentang Pembaharuan Pendidikan Islam, Bagaimana Relevansi Pembaharuan Pendidikan Islam Muhammad Rasyid Ridha dengan Pendidikan Islam di Indonesia. Jenis Penelitian ini Studi Pustaka (library research) bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang penulis peroleh melalui sumber utama (primary sources) berupa buku, jurnal, artikel, dan makalah, sumber kedua (secondary sources) berupa buku, jurnal, artikel, makalah, dan sebagainya. Hasil penelitian ini bahwa pentingnya pembaharuan dalam pendidikan Islam merupakan respon terhadap perkembangan zaman yang begitu pesat di era- globalisasi, terlebih dengan kecanggihan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang harus pula diimbangi dengan Iman dan Taqwa (IMTAQ). Pembaharuan pendidikan Islam yang Muhammad Rasyid Ridha tawarkan terhadap pendidikan Islam diarahkan kepada tujuan pendidikan yang menghasilkan manusia yang saleh, merdeka, dan maju dalam berbagai bidang kehidupan, kurikulum yang harus memiliki keterpaduan yang seimbang antara pengetahuan agama dan pengetahuan umum, sistem pendidikan yang tidak mendiskriminasikan antara sekolah umum dengan sekolah agama, pendidik yang profesional dan mendalam dalam pengetahuannya, serta peserta didik yang memiliki sifat kritis, kreatif, dan inovatif. Kata Kunci: Islam, Muhammad Rasyid Ridha, Pembaharuan, Pemikiran, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2018 03:46
Last Modified: 22 Oct 2018 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item