ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha The Gergaji Tangan, Kelurahan Rajabasa Nunyai Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung)

Rosa, Aldea (2018) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha The Gergaji Tangan, Kelurahan Rajabasa Nunyai Kecamatan Rajabasa, Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ALDEA ROSA.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Peningkatan pertumbuhan ekonomi menyebabkan lebih tingginya pendapatan masyarakat dan pada akhirnya menjadi pendorong tumbuhnya konsumsi rumah tangga. Sehingga menyebabkan konsumsi masyarakat terhadap barang dan jasa juga meningkat. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya jumlah sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan. Perkembangan bisnis yang makin pesat saat ini juga diiringi dengan meningkatnya permasalahan lingkungan yang makin kompleks. Permasalahan lingkungan telah menjadi isu strategis untuk dikaji dan diselesaikan oleh berbagai pihak. Bisnis merupakan kegiatan yang berhubungan dan berkepentingan dengan lingkungan. Aktivitas bisnis merupakan kegiatan pengelolaan sumber-sumber ekonomi yang disediakan oleh alam lingkungan. Maka dari itu untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh pembuangan sampah atau limbah yang tidak terkendali, bisnis yang berwawasan lingkungan bisa dijadikan solusi untuk mengurangi pencemaran lingkungan. Rumusan masalah adalah (1) bagaimana penerapan etika bisnis yang berwawasan lingkungan teradap kepuasan konsumen jika ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis Islam, dan (2) bagaimana penerapan etika bisnis Islam dalam bidang produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan etika bisnis yang berwawasan lingkungan teradap kepuasan konsumen jika ditinjau dari prinsip-prinsip etika bisnis Islam, serta (2) untuk mengetahui etika bisnis Islam dalam bidang produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sampel dalam penelitian ini adalah 36 responden. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pengambilan sampel secara acak (stratified random sampling). Metode pengumpulan data dengan cara kuesioner, wawancara, dan observasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan secara jelas mengenai perilaku dan transaksi bisnis pada usaha the gergaji tangan sesuai dengan fakta yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil observasi, kuesioner dan wawancara yang diperoleh dari para penjual dan pembeli penerapan etika bisnis Islam di usaha The Gergaji Tangan jika ditinjau dari ke-empat prinsip-prinsip etika bisnis Islam yang dijadikan tolak ukur, sudah diterapkan dengan cukup baik oleh penjual. Hanya saja pada prinsip keadilan jika dilihat dari segi jawaban pembeli masih belum diterapkan sepenuhnya artinya karena dalam berdagang penjual masih menawarkan barang dagangan dengan harga yang berbeda kepada pembeli. Dan penerapan etika bisnis islam dalam bidang produksi, distribusi, dan konsumsi sudah ditetapkan dengan baik di usaha the gerjaji tangan karena telah sesuai dengan perpektif Islam, yaitu produksi,distribusi, dan konsumsi tidak hanya memberi kebutuhan dan kepuasan kepada konsumennya saja melainkan juga menjadi sarana ketaatan kepada Allah SWT. Kata Kunci: Etika Bisnis, Produksi, Distribusi, Konsumsi, Kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2018 02:09
Last Modified: 22 Oct 2018 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item View Item