ANALISIS PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANTARA LULUSAN MADRASAH ALIYAH DAN LULUSAN SEKOLAH UMUM (Studi Komparasi pada Prodi PGMI Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung)

Hardinata, Ptio Dwi (2018) ANALISIS PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANTARA LULUSAN MADRASAH ALIYAH DAN LULUSAN SEKOLAH UMUM (Studi Komparasi pada Prodi PGMI Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PRIO DWI HARDINATA.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di Prodi PGMI UIN Raden Intan Lampung menunjukan bahwa Mahasiswa Prodi PGMI memiliki mahasiswa yang belatar belakang sekolah yang beragam yang terdiri dari berlatar belakang Madrasah Aliyah sebanyak 22,58% dan berlatar berlakang sekolah umum sebanyak 77,42% Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar mahasiswa antara lulusan madrasah aliyah dan lulusan sekolah umum jurusan PGMI fakultas Tabiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan data yang didapat adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang menggunakan metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif komparasi. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PGMI dan sampel yang digunakan adalah mahasiswa PGMI angkatan 2015 sebanyak 194 mahasiswa. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif -kuantitatif bertahap. Berdasarkan Prestasi belajar diperoleh mahasiswa secara menyeluruh (komprehensif), yakni mencakup ranah kognitif, pengetahuan, atau wawasan, ranah afektif atau sikap dan apresiasi, serta ranah psikomotoris, ketrampilan atau prilaku.dari ketiga ranah tersebut tidak ada perbedaan yang menonjol dari dua kelompok mahasiswa yang berlatar belakang Madrasah Aliyah dan sekolah umum. Berdasarkan perhitungan uji student “t” dengan menggunakan program SPSS ver.17.0 SPSS versi 17.0 dengan nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,017 < 0,05 maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Prestasi akademik mahasiswa yang berlatar belakang Madrasah lebih baik dari mahasiswa yang berlatar belakang sekolah umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung mempunyai perbedaan dalam nilai mata kuliah Pembelajaran Agama antara lulusan sekolah umum dan Madrasah. Kata kunci: Prestasi belajar, studi komparasi, mata kuliah Pembelajaran Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:49
Last Modified: 16 Oct 2018 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4675

Actions (login required)

View Item View Item